PT HM SAMPOERNA TBK.
PLANNING
PT Hanjaya
Mandala Sampoerna Tbk. (Sampoerna) merupakan salah satu pemimpin produsen rokok
di Indonesia. Kami memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang dikenal luas,
seperti A Mild, Sampoerna Kretek, U Mild, serta “Raja Kretek” yang legendaris
Dji Sam Soe. Kami adalah afiliasi PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari
Philip Morris Internasional Inc., perusahaan tembakau terkemuka di dunia
Tujuan kami
adalah untuk menawarkan pengalaman merokok terbaik kepada perokok dewasa di
Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan senantiasa mencari tahu preferensi
perokok dewasa dan memberikan produk yang dapat memenuhi ekspektasi mereka.
Kami bangga atas reputasi yang kami raih dalam hal kualitas dan inovasi, serta
standar tata kelola perusahaan kami yang tinggi.
ORGANAIZING
Tata Kelola
Perusahaan
Kami juga teguh menjalankan program tata kelola perusahaan yang baik
dan ditujukan untuk melindungi seluruh pemangku kepentingan Sampoerna. Komitmen
tersebut kami wujudkan dengan mengembangkan dan menjaga standar kepatuhan,
perilaku tanggung jawab dan integritas yang tertinggi di seluruh lapisan
organisasi Sampoerna.
Sampoerna
menetapkan standar kepatuhan dan integritas yang sangat tinggi dalam
menjalankan usaha. Aturan berperilaku (code of conduct) yang diterapkan pada
seluruh afiliasi PMI, termasuk Sampoerna, dikomunikasikan kepada seluruh
karyawan Sampoerna. Program pelatihan diadakan secara berkala dan partisipasi
karyawan diawasi dengan seksama.
CONTROLING
Kami adalah
perusahaan global yang mempekerjakan lebih dari 85.000 orang di berbagai
fasilitas pabrik dan kantor penjualan di seluruh dunia.
Di mana pun
kami melakukan proses manufaktur, kami selalu menerapkan standar yang sama
persis untuk memastikan kualitas prima yang diharapkan para perokok merek kami.
Operasional
kami sehari-hari tidak hanya meliputi produksi rokok, tetapi juga mencakup cara
kami berbisnis dan berinteraksi dengan dunia di luar kantor kami, baik secara
lokal ataupun global.
Salah satu
tujuan utama kami adalah menjadi perusahaan yang bertanggung jawab secara
sosial, di tingkat lokal maupun global. Di setiap negara tempat produk kami
dijual, kami dipandu oleh prinsip dasar yang sama:
Kami menyampaikan dampak serius merokok terhadap kesehatan.
Kami menyampaikan dampak serius merokok terhadap kesehatan.
Kami menganjurkan
regulasi tembakau yang efektif, berdasarkan bukti serta berlandaskan pada
prinsip pengurangan bahaya.
Kami
mendukung pelaksanaan dan pemberlakuan tegas ketentuan yang mengatur usia
minimum pembelian produk tembakau. Kami juga bekerjasama erat bersama pengecer
dan mitra lain untuk menerapkan program pencegahan merokok di kalangan anak dan
remaja.
Kami
bekerja sama dengan pembuat kebijakan, lembaga penegak hukum, dan pihak
pengecer untuk memerangi perdagangan ilegal rokok palsu dan selundupan.
Kami
menerapkan kebijakan dan program untuk menjalankan operasi yang mendukung
keberlanjutan, termasuk mengurangi penggunaan sumber daya alam, menurunkan
emisi karbon, mendaur ulang serta mengurangi limbah.
Kami
bekerja sama dengan petani dan pemasok untuk mengembangkan pertanian tembakau
yang berkelanjutan.
Melalui
program Agricultural Labor Practices (ALP/Praktik Tenaga Kerja Pertanian), kami
bekerjasama dengan pemasok dan petani, lembaga masyarakat, dan pemerintah untuk
mengatasi masalah pekerja anak dan pelanggaran lainnya tentang ketenagakerjaan
terkait dengan mata rantai pasokan kami.
Kami
berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat lokal di mana kami
beroperasi dan menghasilkan tembakau kami dengan membantu masyarakat melalui
kegiatan sosial, kegiatan sukarela, dan dukungan terhadap berbagai lembaga
nirlaba.
DIRECTING
PT HM
Sampoerna Tbk. ("Sampoerna") mencatat peningkatan kinerja bisnis dan
hasil keuangan di tahun 2012, yang merupakan cermin dari kuatnya kinerja
portofolio merek dan investasi tambahan Perusahaan.
"Tahun
2012 merupakan tahun yang kuat bagi Sampoerna. Kami mencapai tujuan bisnis dan
terus berinvestasi untuk kesuksesan Perusahaan di masa depan. Sehubungan dengan
Perusahaan akan memasuki usia keseratus di tahun 2013 ini, kami bangga akan
kontribusi berkelanjutan bagi Indonesia dan kami akan tetap berkomitmen untuk
senantiasa mencapai kesempurnaan di segala aspek bisnis yang kami
jalankan," ujar Paul Janelle, Presiden Direktur Sampoerna.
Perusahaan
mencatatkan penjualan bersih* sebesar Rp66,6 triliun, naik 26,1% dari Rp52,9
triliun yang dicapai pada tahun 2011. Kinerja yang solid ini utamanya didorong
oleh kombinasi dari tingginya volume penjualan sepanjang tahun, yakni sebesar
107,7 miliar batang dibandingkan 91,7 miliar batang di tahun 2011, dan
kebijakan kenaikan harga yang diambil sepanjang tahun.
Laba tahun
berjalan sebesar Rp9,9 triliun, naik 23,3% dari Rp8,1 triliun yang dicapai pada
tahun 2011.
Pada tahun
2012, Perusahaan tetap menjadi pemimpin pangsa pasar industri rokok dengan
pangsa pasar sebesar 35,6% didorong oleh kelompok merek Sampoerna A dan U Mild,
seiring dengan pertumbuhan dalam segmen Sigaret Kretek Mesin Low Tar Low
Nicotine (SKM LTLN). Pada segmen Sigaret Kretek Tangan (SKT) terjadi
peningkatan volume penjualan sebesar 10% yang didorong utamanya oleh Dji Sam
Soe dan kelompok merek Sampoerna Kretek.
Tahun 2012
merupakan tonggak penting dalam perjalanan Sampoerna dimana ikon merek SKT, Dji
Sam Soe, merayakan 99 tahun masa produksinya. Tiga kata dalam merek tersebut
merupakan angka berjumlah sembilan. Angka sembilan atau "Jiu" dalam
bahasa Cina merupakan angka simbolis yang signifikan bagi Sampoerna.
Pada bulan
Juli 2012, Sampoerna berinvestasi dengan membuka dua pabrik SKT di Jawa Timur
yang menyediakan lebih dari 8.400 lapangan pekerjaan baru dan secara langsung
memberikan manfaat bagi komunitas lokal di Probolinggo dan Lumajang.
Sampoerna
memperingati ulang tahun ke-99 dengan meningkatkan kegiatan tanggung jawab
sosial perusahaan (CSR). Kegiatan tersebut mencakup penanaman lebih dari 99.000
pohon di Surabaya dan enam kota lainnya di Indonesia serta peresmian Pusat
Pelatihan Sampoerna Rescue di Pasuruan, Jawa Timur pada bulan September 2012
untuk mendukung kegiatan tanggap darurat bencana yang dilakukan oleh tim
Sampoerna Rescue. Selain itu Sampoerna juga meningkatkan dukungannya untuk
pengembangan usaha kecil di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna di
Pasuruan, Jawa Timur dan menerima penghargaan pemberdayaan masyarakat dan Usaha
Kecil dan Menengah (UKM) dari Kementerian Koperasi dan UKM dan GKPM.
* Penjualan
bersih mengacu kepada penjualan termasuk cukai tetapi tidak termasuk PPN atas
cukai.
sumber :
http://www.sampoerna.com/id_id/about_us/pages/sampoerna_overview.aspx
http://www.sampoerna.com/id_id/responsibility/how_we_operate/pages/how_we_operate.aspx
http://www.sampoerna.com/id_id/media_center/press_releases/Pages/pt_hm_sampoerna_tbk_mantapkan_kinerja_di_tahun_2012.aspx
sumber :
http://www.sampoerna.com/id_id/about_us/pages/sampoerna_overview.aspx
http://www.sampoerna.com/id_id/responsibility/how_we_operate/pages/how_we_operate.aspx
http://www.sampoerna.com/id_id/media_center/press_releases/Pages/pt_hm_sampoerna_tbk_mantapkan_kinerja_di_tahun_2012.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar