Selasa, 11 Oktober 2016

PT HM SAMPOERNA Tbk.

PT HM SAMPOERNA TBK.


PLANNING


PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (Sampoerna) merupakan salah satu pemimpin produsen rokok di Indonesia. Kami memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang dikenal luas, seperti A Mild, Sampoerna Kretek, U Mild, serta “Raja Kretek” yang legendaris Dji Sam Soe. Kami adalah afiliasi PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari Philip Morris Internasional Inc., perusahaan tembakau terkemuka di dunia

Tujuan kami adalah untuk menawarkan pengalaman merokok terbaik kepada perokok dewasa di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan senantiasa mencari tahu preferensi perokok dewasa dan memberikan produk yang dapat memenuhi ekspektasi mereka. Kami bangga atas reputasi yang kami raih dalam hal kualitas dan inovasi, serta standar tata kelola perusahaan kami yang tinggi.

ORGANAIZING


Tata Kelola Perusahaan
Kami juga teguh menjalankan program tata kelola perusahaan yang baik dan ditujukan untuk melindungi seluruh pemangku kepentingan Sampoerna. Komitmen tersebut kami wujudkan dengan mengembangkan dan menjaga standar kepatuhan, perilaku tanggung jawab dan integritas yang tertinggi di seluruh lapisan organisasi Sampoerna.

Sampoerna menetapkan standar kepatuhan dan integritas yang sangat tinggi dalam menjalankan usaha. Aturan berperilaku (code of conduct) yang diterapkan pada seluruh afiliasi PMI, termasuk Sampoerna, dikomunikasikan kepada seluruh karyawan Sampoerna. Program pelatihan diadakan secara berkala dan partisipasi karyawan diawasi dengan seksama.


CONTROLING


Kami adalah perusahaan global yang mempekerjakan lebih dari 85.000 orang di berbagai fasilitas pabrik dan kantor penjualan di seluruh dunia.

Di mana pun kami melakukan proses manufaktur, kami selalu menerapkan standar yang sama persis untuk memastikan kualitas prima yang diharapkan para perokok merek kami.
Operasional kami sehari-hari tidak hanya meliputi produksi rokok, tetapi juga mencakup cara kami berbisnis dan berinteraksi dengan dunia di luar kantor kami, baik secara lokal ataupun global.

Salah satu tujuan utama kami adalah menjadi perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial, di tingkat lokal maupun global. Di setiap negara tempat produk kami dijual, kami dipandu oleh prinsip dasar yang sama:

Kami menyampaikan dampak serius merokok terhadap kesehatan.
Kami menganjurkan regulasi tembakau yang efektif, berdasarkan bukti serta berlandaskan pada prinsip pengurangan bahaya.

Kami mendukung pelaksanaan dan pemberlakuan tegas ketentuan yang mengatur usia minimum pembelian produk tembakau. Kami juga bekerjasama erat bersama pengecer dan mitra lain untuk menerapkan program pencegahan merokok di kalangan anak dan remaja.
Kami bekerja sama dengan pembuat kebijakan, lembaga penegak hukum, dan pihak pengecer untuk memerangi perdagangan ilegal rokok palsu dan selundupan.

Kami menerapkan kebijakan dan program untuk menjalankan operasi yang mendukung keberlanjutan, termasuk mengurangi penggunaan sumber daya alam, menurunkan emisi karbon, mendaur ulang serta mengurangi limbah.
Kami bekerja sama dengan petani dan pemasok untuk mengembangkan pertanian tembakau yang berkelanjutan.

Melalui program Agricultural Labor Practices (ALP/Praktik Tenaga Kerja Pertanian), kami bekerjasama dengan pemasok dan petani, lembaga masyarakat, dan pemerintah untuk mengatasi masalah pekerja anak dan pelanggaran lainnya tentang ketenagakerjaan terkait dengan mata rantai pasokan kami.

Kami berkontribusi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat lokal di mana kami beroperasi dan menghasilkan tembakau kami dengan membantu masyarakat melalui kegiatan sosial, kegiatan sukarela, dan dukungan terhadap berbagai lembaga nirlaba.


DIRECTING

PT HM Sampoerna Tbk. ("Sampoerna") mencatat peningkatan kinerja bisnis dan hasil keuangan di tahun 2012, yang merupakan cermin dari kuatnya kinerja portofolio merek dan investasi tambahan Perusahaan.

"Tahun 2012 merupakan tahun yang kuat bagi Sampoerna. Kami mencapai tujuan bisnis dan terus berinvestasi untuk kesuksesan Perusahaan di masa depan. Sehubungan dengan Perusahaan akan memasuki usia keseratus di tahun 2013 ini, kami bangga akan kontribusi berkelanjutan bagi Indonesia dan kami akan tetap berkomitmen untuk senantiasa mencapai kesempurnaan di segala aspek bisnis yang kami jalankan," ujar Paul Janelle, Presiden Direktur Sampoerna.

Perusahaan mencatatkan penjualan bersih* sebesar Rp66,6 triliun, naik 26,1% dari Rp52,9 triliun yang dicapai pada tahun 2011. Kinerja yang solid ini utamanya didorong oleh kombinasi dari tingginya volume penjualan sepanjang tahun, yakni sebesar 107,7 miliar batang dibandingkan 91,7 miliar batang di tahun 2011, dan kebijakan kenaikan harga yang diambil sepanjang tahun.

Laba tahun berjalan sebesar Rp9,9 triliun, naik 23,3% dari Rp8,1 triliun yang dicapai pada tahun 2011.

Pada tahun 2012, Perusahaan tetap menjadi pemimpin pangsa pasar industri rokok dengan pangsa pasar sebesar 35,6% didorong oleh kelompok merek Sampoerna A dan U Mild, seiring dengan pertumbuhan dalam segmen Sigaret Kretek Mesin Low Tar Low Nicotine (SKM LTLN). Pada segmen Sigaret Kretek Tangan (SKT) terjadi peningkatan volume penjualan sebesar 10% yang didorong utamanya oleh Dji Sam Soe dan kelompok merek Sampoerna Kretek.

Tahun 2012 merupakan tonggak penting dalam perjalanan Sampoerna dimana ikon merek SKT, Dji Sam Soe, merayakan 99 tahun masa produksinya. Tiga kata dalam merek tersebut merupakan angka berjumlah sembilan. Angka sembilan atau "Jiu" dalam bahasa Cina merupakan angka simbolis yang signifikan bagi Sampoerna.

Pada bulan Juli 2012, Sampoerna berinvestasi dengan membuka dua pabrik SKT di Jawa Timur yang menyediakan lebih dari 8.400 lapangan pekerjaan baru dan secara langsung memberikan manfaat bagi komunitas lokal di Probolinggo dan Lumajang.

Sampoerna memperingati ulang tahun ke-99 dengan meningkatkan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Kegiatan tersebut mencakup penanaman lebih dari 99.000 pohon di Surabaya dan enam kota lainnya di Indonesia serta peresmian Pusat Pelatihan Sampoerna Rescue di Pasuruan, Jawa Timur pada bulan September 2012 untuk mendukung kegiatan tanggap darurat bencana yang dilakukan oleh tim Sampoerna Rescue. Selain itu Sampoerna juga meningkatkan dukungannya untuk pengembangan usaha kecil di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna di Pasuruan, Jawa Timur dan menerima penghargaan pemberdayaan masyarakat dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari Kementerian Koperasi dan UKM dan GKPM.

* Penjualan bersih mengacu kepada penjualan termasuk cukai tetapi tidak termasuk PPN atas cukai.

sumber :
http://www.sampoerna.com/id_id/about_us/pages/sampoerna_overview.aspx
http://www.sampoerna.com/id_id/responsibility/how_we_operate/pages/how_we_operate.aspx
http://www.sampoerna.com/id_id/media_center/press_releases/Pages/pt_hm_sampoerna_tbk_mantapkan_kinerja_di_tahun_2012.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar