Selasa, 06 Juni 2017

Macam-macam Komunikasi yang dapat terjadi dalam Organisasi

Komunikasi Organisasi merupakan bentuk pertukaran pesan antara unit-unit komunikasi yang berada dalam organisasi tertentu. Organisasi sendiri terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan-hubungan hirarkis antara yang satu dengan yang lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan. Komunikasi organisasi melibatkan manusia sebagai subyek yang terlibat dalam proses menerima, menafsirkan, dan bertindak atas informasi.

Terdapat 8 macam komunikasi, yaitu ;

Komunikasi Menurut cara penyampaian
– Lisan
– Tertulis
Komunikasi Menurut Perilaku
– Formal
– Informal
– NonFormal
Komunikasi Menurut Maksud Komunikasi
– Berpidato
– Memberi Ceramah
– Memberi saran
– Wawacara
– Memberi Perintah san tugas
Komunikasi Menurut Ruang Lingkup
– Internal
– Eksternal
Komunikasi Menurut Aliran Informasi
– Satu Arah, Dua Arah
– KeAtas, Ke Bawah
– Kesamping
Komunikasi Jaringan Kerja
– Jaringan kerja Rantai
– Jaringan Kerja Lingkaran
– Jaringan kerja Bintang
Komunikasi Menurut Peranan Individu
Komunikasi Menurut Jumlah yang berkomunikasi
– Perseorangan/Individu
– Kelompok
Sehingga Macam macam komunikasi yang dipakai dalam organisai yaitu :

Komunikasi Formal.
Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam sruktur organisasinya.
Komunikasi Informal.
Komunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi.
Komunikasi Nonformal.
Komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang bertujuan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi.
Komunikasi Internal.
Komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja.
Komunikasi Eksternal.
Komunikasi yang berlangsung antara organisasi kepada pihak masyarakat yang ada di luar organissi atau perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar