Selasa, 13 Desember 2016

PENDEKATAN UNTUK MENCAPAI KOORDINASI YANG EFEKTIF

Pendekatan untuk Pencapaian Koordinasi yang efektif.

    Komunikasi adalah kunci koordinasi yang efektif, koordinasi secara langsung tergantung pada perolehan, penyebaran, dan pemprosesan informasi.
    Pemprosesan informasi membutuhkan waktu lebih lama, ketika tingkat ketidak pastian tugas menjadi tinggi

Tiga pendekatan untuk pencapaian koordinasi yang efektif

1.    Mempergunakan teknik manajemen dasar.
    Hirarki manajerial, rencana dan tujuan sebagai pengarah umum kegiatan serta aturan dengan prosedur
2.    Diperlukan bermacam-macam satuan organisasi menjadi lebih saling tergantung dan luas dalam ukuran dan fungsi
3.    Penyediaan tambahan sumber daya untuk satuan organisasi atau pengelompokkan kembali organisasi agar tugas dapat berdiri sendiri.

Mekanisme Pengkoordinasikan Dasar

   1. Hirarki Manajerial
    Rantai perintah, aliran informasi dan kerja, wewenang formal, hubungan tanggung jawab dan akuntansi yang jelas dapat menumbuhkan integrasi bila dirumuskan secara jelas serta dilaksnakan dengan pengarahan yang tepat.

    2. Aturan dan Prosedur
    Adalah keputusan manajerial yang dibuat untuk menangni kejadian rutin, sehinggda dapat menjadi peralatan yang efisien untuk koordinasi dan pengawasan rutin

    3. Rencana dan penetapan tujuan
    Digunakan untuk pengkoordinasikan melalui pengarahan saluran satuan organisasi terhadap sasaran yang sama.

Meningkatkan koordinasi potensial

    1. Sistem informasi vertikal
    Adalah peralatan melalui data disalurkan melewati tingkatan organisasi

    2. Hubungan-hubungan lateral (horizontal)

    Melalui pemotongan rantai perintah, hubungan lateral membiarkan informasi di pertukarkan dan keputusan dibuat pada tingkat hirarki dimana informasi yang dibutuhkan ada. 

sumber: dinus.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar